TIPS MEMILIH KOMPUTER KASIR

Komputer kasir merupakan salah satu hal paling penting ketika kita sedang menjalankan usaha. Karena dengan memiliki Komputer kasir kita dapat dengan mudah mencatat segala pembukuan dan dapat tersusun dengan rapi. Dengan memiliki Komputer kasir juga anda dapat memantau perkembangan usaha anda dan berapakah keuntungan yang didapat setiap harinya dengan mudah.

Sebelum kami bahas lebih lanjut, sebenarnya apa sih Komputer kasir itu?

Komputer kasir sangat berbeda dengan mesin kasir cash register yang biasa kita temui di banyak tempat usaha. Komputer kasir sendiri memiliki kapasitas peyimpanan yang tidak dibatasi dan bersifat lebih fleksibel berbanding terbalik dengan mesin kasir yang memiliki banyak keterbatasan. Selain bentuk fisik Komputer kasir, ada hal yang lebih penting yang menjadi bagian dari Komputer kasir yaitu software programnya.

Nah, tapi bagaimana sih tips memilih Komputer kasir yang sesuai dengan kebutuhan anda? berikut ini adalah tips – tips memilih Komputer kasir untuk usaha atau bisnis anda.

Bagaimana cara  memilih Komputer kasir?

Banyak sekali pilihan Komputer kasir yang bisa anda pilih. Akan tetapi disini akan membagi menjadi 2 jenis Komputer kasir, antara lain :

Komputer kasir modular

Jenis Komputer kasir yang satu ini terdiri dari bagian – bagian yang terpisah satu sama lain. memang terdengar ribet dan akan memakan banyak space namun jika di telaah lebih dalam sebenarnya Komputer kasir jenis ini memiliki banyak keuntungan seperti maintenance system  yang lebiih mudah, dan apabila terjadi kerusakan pada salah satu bagiannya. Maka unit Komputer tetap bisa digunakan. Beberapa merk Komputer kasir modular yang ada di Indoneia adalah Posfilex Pos, Postronix Ultima, Wincor Nixdrof iBeetle, dll.

Komputer kasir Compact 

Jika Komputer kasir modular terdiri dari bagian – bagian yang terpisah, berbeda dengan Komputer kasir compact ini. Komputer kasir jenis ini merupakan generasi penerus dari mesin kasir cash register. Memiliki bentuk yang lebih ringkas dan mudah dipindahkan. Dan tentu saja Komputer kasir jenis ini juga emiliki kekurangan yaitu jika salah satu bagian dalam computer terjadi kerusakan maka satu unit Komputer ini tidak dapat digunakan hingga diperbaiki. Dan biasanya biaya maintenance dan spare part nya juga mahal, jauh lebih mahal dibanding Komputer Kasir modular.

Cara paling aman dan paling mudah untuk memilih jenis Komputer kasir mana yang akan anda pilih adalah dengan memastikan jaminan dan garansi toko yang diberikan apakah cukup bagus serta anda harus aktif bertanya mengenai harga spare part dan biaya – biaya maintenance yang harus dikeluarkan.

Cukup sekian informasi yang kami berikan, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat